Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Industri Pariwisata

Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Industri Pariwisata

Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak sekali destinasi wisata terutama untuk wisata alam. Keindahan alam Indonesia yang sangat menawan dan hanya ada di indonesia ini membuat banyak wisatawan yang berkunjung hanya untuk menikmati suasana indah yang hanya bisa ditemui di salah satu obyek wisata. Besarnya peluang untuk meningkatkan perekonomian melalui sektor pariwisata yang ada di Indonesia ini membuat banyak pengelola obyek wisata memperbaiki atau bahkan memperbaharui fasilitas, sarana, serta prasarana yang ada. Selain itu perkembangan industri pariwisata yang terus berkembang pesat dan terus maju memberikan dampak positif namun juga memberikan dampak negatif. Apa saja ya kira-kira? Dalam artikel ini akan dibahas sedikit mengenai dampak positif dan negatif dari sektor pariwisata.

Berikut ini merupakan dampak positif dari perkembangan industri pariwisata yang ada di Negara Indonesia yaitu sebagai berikut:
• Meningkatnya devisa Negara yang didapatkan dari banyaknya warga Negara asing yang melakukan liburan untuk berwisata menikmati keindahan alam Indonesia.
• Dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar daerah obyek wisata. Selain itu dapat memajukan perekonomian masyarakat serta meningkatkan kreatifitas masyarakat sekitar obyek wisata dengan menjajakan kerajinan khas daerah di setiap obyek wisata yang hanya dapat ditemui di sekitar daerah wisata tersebut.
• Memperkenalkan budaya Indonesia kepada wisatawan asing yang datang berkunjung seperti mengenalkan adat istiadat yang ada, kerajinan khas daerah, serta makanan khas daerah.

Selain dampak Positif tentu saja terdapat beberapa dampak negatif yang ada dalam industri pariwisata, beberapa dampak negatif yaitu sebagai berikut:
• Kurangnya kesadaran masyarakat terutama masyarakat dalam negeri akan kebersihan lingkungan yang terkadang membuat lingkungan sekitar obyek wisata harus dibersihkan setiap hari oleh petugas kebersihan, padahal sebenarnya sudah diberi peringatan dan bahkan sudah disediakan tempat sampah namun terkadang masih saja ada yang tidak mamatuhi aturan dan membuang sampah sembarangan.
• Banyaknya warga asing datang mengunjungi suatu obyek wisata menjadikan budaya suatu daerah terkadang menjadi kurang terjaga.
• Dampak industri pariwisata ni mengakibatkan harga tanah yang berada di lokasi wisata melonjak naik serta banyak di bangun fasilitas-fasilitas baru untuk menunjang kebutuhan wisatawan yang membuat kondisi ligkungan tidak asri lagi.

Nah itulah tadi beberapa dampak negatif dan dampak positif dari industri pariwisata yang ada di Indonesia. Terlepas dari dampak negatif tersebut, banyak pula bukan dampak positif yang bisa didapatkan oleh Negara untuk meningkatkan perekonomian yang semuanya itu demi kebaikan masyarakat sendiri menjadi lebih sejahtera. Kekurangan modal menjadikan sektor pariwisata tidak dapat memenuhi fasilitas yang dibutuhkan ole wisataawan. Namun pariwisata Indonesia mendapatkan banyak respon positif bagi pasa investor baik luar maupun dalam negeri. Untuk memudahkan dalam melakukan investasi, Indonesia mempunyai jasa layanan BKPM atau badan koordinasi penanaman modal yang dapat memudahkan anda dalam melakukan investasi atau penanaman modal ada suatu kegiatan usaha di sektor apapun yang ada di Negara Republik Indonesia.

Leave a Reply