3 Makanan Bali Yang Mudah Dijumpai

Bali merupakan salah satu provinsi yang memiliki destinasi wisata dengan sejuta pesona bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Tempat wisata yang beraneka ragam dengan keetnikan khas Bali menyuguhkan pengalaman berwisata yang menarik hati. Ada banyak wisata alam yang terdiri dari panorama pantai, pegunungan, dan spot-spot terbaik lainya. juga ada wisata buatan dan juga wisata budaya yang ketal sekali dengan nuansa bali.

Tidak hanya tempat wisatanya, Bali juga memiliki makanan khas yang patut untuk dicoba saat anda berwisata di sana. Makanan khas dengan tingkat kelezatan yang mampu memanjakan lidah. Bagaimanapun, makanan khas bali bakal menjadi salah satu hal wajib yang harus dicoba bila ke bali sekaligus juga buat oleh-oleh dari bali.

Makanan Bali yang Wajib Disantap

makanan bali yang lezat

Ragam makanan khas Bali juga banyak, namun berikut ini 3 makanan khas Bali yang mudah dijumpai saat anda berlibur di sana yang terkenal memiliki kelezatan tiada duanya. Adapun makanan khas tersebut meliputi :

  1. Ayam Betutu Khas Bali

Tak lengkap rasanya ketika berwisata atau berlibur ke Bali, anda kelupaan menyicipi makanan khas Bali, Ayam Betutu. Jadi sempatkanlah, anda untuk menyicipi Ayam Betutu ini. Bahkan Bondan Winaryo sudah mengatakan ‘maknyus’ untuk citarasa dari sebuah Ayam Betutu. Tentunya Ayam Betutu ini sangat cocok untuk anda pecinta rasa pedas, pasalnya ayam yang disajikan penuh dengan rempah-rempah dan bertekstur yang sangat pedas. Dijamin sekali coba, anda akan ketagihan.

Keunikan Ayam Betutu terletak pada bumbu rempah yang disembunyikan di dalam perut ayam, sangat berbeda dengan hidangan ayam yang lain. Citarasa yang lezat akibat dipanggang selama 24 jam penuh di atas bara api sekam membuat daging ayam terasa gurih, lembuh dan tidak ketinggalan rasa pedas yang otentik. Bagi yang bosan dengan olahan daging ayam, bisa memesan masakan Bebek Betutu yang merupakan olahan daging bebek.

  1. Nasi Campur Ayam Bali

Nasi Campur Ayam Bali sangat populer dan patut anda coba sebagai wisatawan yang berkunjung ke Bali. Nasi Campur Ayam Bali merupakan makanan sehari-hari yang dimakan oleh penduduk Bali setempat. Nasi Campur Ayam Bali terdiri dari nasi liwet, sate lilit khas Bali, suiran daging ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, dan lawar hangat. Semuanya akan sangat dinikmat, ketika ditambah dengan sambal matah atau sambel embe Khas Bali.

Baca Juga : MENIKMATI KESEJUKAN SURABAYA DI WISATA HUTAN MANGROVE WONOREJO

Menariknya lagi setiap warung atau rumah makan di Bali menyajikan variasi yang berbeda untuk sepiring Nasi Campur Ayam Bali. Antara lain menyajikannya dengan suiran ayam betutu, telur sambal tomat, kulit ayam goreng, daun umbi ketela yang pedas, ikan pindang dan taburan bawang goreng. Namun jangan khawatir semua menu tadi sangat nikmat di lidah anda.

  1. Sate Lilit Khas Bali

Sate lilit biasanya disajikan bersamaan dengan nasi campur ayam bali. Namun anda juga bisa mencobanya sendiri. Sate lilit sangat berbeda dengan sate pada umumnya yang dagingnya ditusuk. Pada sate lilit, daging terlebih dahulu dihaluskan dan dibumbui dengan bumbu Bli baru kemudian dililit pada batang sereh atau tangkai bambu. Daging yang biasa digunakan adalah ayam, babi, dan ikan tenggiri. Namun yang menjadi primadona di Bali adalah Sate Lilit Tenggiri.

Nah itulah beberapa makanan khas bali, sayang banget kan kalau kamu lewatkan ketika berkunjung kesana. Salam bali.

Leave a Reply